Kamis, 14 September 2023

7 Jenis Buah dan Makanan Penambah Darah untuk Wanita Hamil



Anemia atau kekurangan darah merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering terjadi pada wanita hamil. Di pasaran memang ada banyak suplemen atau vitamin penambah darah. Namun wanita hamil tidak boleh sembarangan meminumnya untuk menjaga janin. Solusi terbaik untuk Anda yaitu mengonsumsi buah dan makanan penambah darah. Simak rekomendasinya di sini!

Jenis Buah dan Makanan Penambah Darah untuk Wanita Hamil

Berikut ini buah-buahan dan makanan yang bisa menambah darah:

1. Daging Sapi

Rekomendasi makanan untuk menambah darah yang pertama adalah daging sapi. Dalam 100 gram daging sapi terkandung sekitar 3 mg zat besi. Kandungan zat besi tersebut membantu memenuhi 30% kebutuhan zat besi wanita hamil.

2. Ikan

Jenis ikan tertentu direkomendasikan untuk wanita hamil. Beberapa contohnya seperti ikan tongkol, salmon, dan ikan kembung. Jenis-jenis ikan tersebut memiliki kandungan asam folat dan vitamin B12 yang tinggi.

3. Telur

Telur merupakan makanan untuk menambah darah yang lezat sekaligus murah. Bagian yang baik untuk dikonsumsi adalah kuning telur karena mengandung zat besi, protein, dan lemak sehat.

4. Sayuran Hijau

Jika ingin mengkonsumsi sayuran, Anda bisa memilih sayuran hijau untuk menambah darah. Beberapa rekomendasi jenis sayurannya yaitu bayam, brokoli, sawi, kale, hingga kubis. Pilih menu yang beragam setiap hari untuk mengoptimalkan kandungan nutrisinya.

5. Buah Sitrus

Buah sitrus seperti jeruk, sunkist, dan lemon juga baik untuk menambah darah. Selain memiliki kandungan vitamin C, buah-buahan sitrus juga mengandung asam folat yang tinggi. 

6. Tomat

Tomat juga sangat baik jika dikonsumsi oleh wanita hamil. Berdasarkan sebuah penelitian, tomat memiliki manfaat untuk meningkatkan kadar hemoglobin di darah. Jadi, wanita hamil bisa terhindar dari anemia.

7. Alpukat

Buah-buahan terakhir yang bisa Anda pilih adalah alpukat. Buahan satu ini mengandung berbagai macam vitamin dan juga asam lemak omega 3. Kandungan lemak sehat juga membantu mengurangi kadar kolesterol jahat.

Itulah deretan buah dan makanan penambah darah yang aman dikonsumsi oleh wanita hamil. Selain memperhatikan nutrisi, Anda juga harus mulai menyiapkan kebutuhan bayi baru lahir. Rekomendasi pilihan popok yang aman untuk newborn adalah MAKUKU SAP Diapers. 

Kelebihan popok ini yaitu struktur inti SAP (Super Absorbent Polymer), anti ruam, anti bocor, dan fitur belly button u shape yang melindungi bagian pusar. Sekarang MAKUKU SAP Diapers bisa Anda dapatkan dengan mudah secara online maupun offline.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar